Keanggotaan PERHAPI

Keanggotaan PERHAPI diatur sesuai dengan Pasal 9 - Pasal 14 Anggaran Dasar serta Pasal 2 - Pasal 4 Anggaran Rumah Tangga PERHAPI.

Jenis dan persyaratan anggota terdiri dari:

  1. ANGGOTA BIASA
    Anggota Biasa adalah Warga Negara Indonesia lulusan Perguruan Tinggi / Akademi / Politeknik di bidang Teknologi Pertambangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang pertambangan sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun, atau lulusan dari berbagai disiplin ilmu lain yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang pertambangan sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dan direkomendasikan oleh seorang Anggota Biasa.

  2. ANGGOTA MAHASISWA
    Anggota Mahasiswa adalah Warga Negara Indonesia yang berstatus mahasiswa Perguruan Tinggi / Akademi / Politeknik di bidang Teknologi Pertambangan di dalam negeri maupun di luar negeri, atau Warga Negara Asing yang berstatus mahasiswa Perguruan Tinggi / Akademi / Politeknik di bidang Teknologi Pertambangan di Wilayah Indonesia.

  3. ANGGOTA KEHORMATAN
    Anggota Kehormatan adalah Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah berjasa bagi perkembangan dunia pertambangan di Indonesia, diusulkan Ketua Umum, dan disetujui dalam Rapat Anggota.

Permohonan untuk menjadi Anggota Biasa dan Anggota Mahasiswa diajukan kepada Badan Pengurus. Badan Pengurus menetapkan diterima atau ditolaknya seorang calon anggota. Keanggotaan mulai berlaku sejak permohonan tersebut disetujui untuk diterima oleh Badan Pengurus.

Keanggotaan dalam Perhimpunan berakhir, karena:

  1. Mengundurkan diri secara tertulis kepada Badan Pengurus.
  2. Meninggal dunia.
  3. Diberhentikan berdasarkan Keputusan Ketua Umum Perhimpunan dengan alasan:
    1. Melanggar Kode Etik dan Kode Perilaku Perhimpunan.
    2. Tidak memenuhi kewajiban pembayaran iuran anggota.

Iuran Keanggotaan dibayarkan oleh anggota setiap tahun untuk masa keanggotaan selama 1 (satu) tahun. Besarnya iuran keanggotaan adalah sebesar Rp. 300.000,-

Selain iuran keanggotaan, Perhimpunan juga menerima Sumbangan Sukarela dari anggota.