Oct
4

Siaran Pers PERHAPI - SDM Indonesia Mampu Kelola Tambang Freeport Indonesia

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) sebagai organisasi profesi mengapresiasi capaian Pemerintah dalam proses akuisisi saham milik Freeport McMoRan. Inc dan Rio Tinto di PT Freeport Indonesia. PERHAPI menyadari untuk mencapai kesepakatan dalam bentuk Sales Purchase Agreement (SPA) yang telah ditandatangani pada 27 September 2018, banyak pihak harus melewati tahapan-tahapan yang tidak mudah.

PERHAPI melihat bahwa capaian yang merupakan prestasi dari seluruh pihak perlu ditindaklanjuti dengan kerja keras melibatkan seluruh pihak sehingga tujuan pengelolaan sumber kekayaan mineral negara yang lebih baik di wilayah kerja PT Freeport Indonesia setelah proses akuisisi dapat tercapai. Kegiatan pengelolaan pasca akuisi harus memberikan manfaat yang lebih baik agar upaya yang telah dilakukan tidak menjadi sia-sia.

PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) yang telah diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengelola kepemilikan saham Pemerintah perlu segera mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam masa transisi pasca akuisisi dan selanjutnya melaksanakan kegiatan secara menyeluruh.

PERHAPI melihat kehadiran sumber daya manusia Indonesia perlu ditingkatkan di seluruh lini. PERHAPI memastikan bahwa tenaga kerja pertambangan Indonesia sudah mampu untuk mengelola kegiatan pertambangan di Indonesia, termasuk tambang Grasberg di Papua. Saat ini hampir seluruh lini kegiatan di PT Freeport Indonesia dikerjakan oleh orang Indonesia. Tidak perlu ada keraguan akan kemampuan sumber daya manusia Indonesia untuk melaksanakan kegiatan operasional pertambangan sekelas Grasberg. Sebagai organisasi professional dengan anggota yang memiliki keragaman pengalaman dalam berbagai kegiatan pertambangan, PERHAPI siap untuk mendukung Pemerintah dan INALUM dalam pengelolaan tambang Grasberg.

PERHAPI menyadari sebagai organisasi profesi pertambangan perlu mengambil peran strategis dalam menjembatani keberpihakan antara Pemerintah, pelaku usaha dan pemangku kepentingan terhadap industri pertambangan di Indonesia sehingga dapat bermuara pada sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Salah satu upaya untuk merealisasikan peran PERHAPI adalah dengan melaksanakan Temu Profesi Tahunan yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dengan tema yang beragam. Tahun ini, Temu Profesi Tahunan (TPT) XXVII dan Kongres X PERHAPI mengangkat tema “Memperkuat Industri Pertambangan Sebagai Tulang Punggung Pembangunan Nasional”, dan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober hingga 1 November 2018 di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta.

Beragam makalah terpilih akan dipresentasikan mulai dari Eksplorasi, Geoteknik, Operasi Tambang, Manajemen Tambang, K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan Lingkungan, Pengolahan dan Pemurnian, Ekonomi Mineral, CSR (Corporate Social Responsibility), dan Kebijakan Pertambangan. Melalui kegiatan Temu Profesi Tahunan akan diperoleh informasi dan masukan terkait dengan pelaksanaan kegiatan pertambangan di Indonesia.

Daftar Sekarang Juga

Dapatkan berbagai keuntungan & jaringan dengan bergabung bersama PERHAPI.