Kode Etik

Anggota Perhapi terdiri dari individu-individu yang kualified dan professional serta para ahli yang bekerja di sektor penambangan mineral baik dari latar belakang ilmu keteknikkan, sains maupun ilmu sosial. Organisasi Perhapi dikenal sebagai organisasi profesi yg bergerak dibidang pertambangan mineral dan batubara.

Organisasi Perhapi mengharapkan para anggotanya mempunyai standar profesional yang tinggi dan beretika dan menghargai kemanusiaan yang ada didalam komunitasnya, menghargai/menghormati lingkungan hidup dan berusaha melakukan pencapaian prestasi yg berstandard internasional dalam bidang industri mineral dan batubara.

Kode etik Perhapi merupakan inti dari sistem nilai didalam Organisasi Perhapi yang telah disepakati oleh semua anggota perhapi. Semua anggota perhapi telah menerima dan berkomitmen untuk melaksanakan semua prinsip-prinsip yang ada didalam kode etika Perhapi. Setiap pelanggaran kode etik yang diketahui oleh anggota perhapi lainnya wajib dilaporkan kepada organisasi Perhapi, dan kepada anggota yang melanggar harus diberi sanksi yg tegas berdasarkan peraturan organisasi tanpa pilih buluh.

Tujuan dari kode etik adalah untuk membuat setiap anggota Perhapi berkomitmen untuk melaksanakan, menjunjung tinggi dan meningkatkan integritas personnal dan integritas profesi dan memastikan integritas Perhapi berdiri tegak didalam masyarakat.

Setiap ketentuan di dalam kode etik Perhapi harus menjujung tinggi semangat kompetisi dan saling menopang sehingga sehingga dicapai masyarkat perhapi yang merdeka dan cerdas.

Prinsip dasar yang menjadi perhatian Kode Etik PERHAPI adalah :

  1. Perlindungan Kepentingan Umum
  2. Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan
  3. Transparansi dan Bertanggungjawab
  4. Konflik Kepentingan
  5. Bekerja Sesuai dengan Kompetensinya
  6. Menjaga reputasi dan integritas profesi
  7. Terjadinya persaingan usaha yang sehat
  8. Kepatuhan terhadap nilai-nilai masyarakat, hukum maupun undang-undang
  9. Membantu masyarakat didalam penegakan hukum
  10. Membantu dan membangun praktek-praktek profesi yang baik.